• manajemen.umm.ac.id

"Exploring The New Lifestyle of Consumer Behaviour”,Tema Webinar Praktikum Perilaku Konsumen

Sabtu, 14 November 2020 13:40 WIB

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya beberapa laboratorium telah menyiapkan berbagai kegiatan dalam menyambut praktikum setelah Ujian Tengah Semester tahun 2020/2021 ini. Salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan oleh Laboratorium Manajemen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan  Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang dengan menggelar Webinar Mata Praktikum Perilaku Konsumen. Tema Webinar yang diangkat saat ini adalah “Exploring The New Lifestyle of Consumer Behaviour”. Webinar yang digelar secara daring dan live di channel youtube labmanajemen pada Sabtu (14/11) ini menghadirkan pemateri yang juga merupakan fasilitator di Markplus Institute yang banyak berkecimpung dalam dunia marketing yaitu Tanti Widia Nurdiani, SE.,MM. Webinar persiapan praktikum Perilaku Konsumen ini dihadiri oleh seluruh Mahasiswa Manajemen Semester 3 yang akan menempuh praktikum Perilaku Konsumen di semester ganjil 2020/2021 ini.

Pemateri memberikan materi terkait pemahaman Perilaku Konsumen

Dalam seminar ini Tanti sapaan akrabnya menyampaikan beberapa hal terkait perubahan-perubahan perilaku konsumen masyarakat Indonesia sejak adanya pandemi Covid-19 ini.”Perubahan besar juga terjadi pada perusahaan-perusahaan yang harus merubah cara mereka berjualan yaitu dengan melakukan penjualan secara online",ungkapnya.Aspek yang berubah selama pandemi yang ikut mempengaruhi bisnis saat ini adalah perilaku konsumen yang berubah yang mereka melakukan pembelian secara online dan lebih berhati-hati dalam berbelanja,Brand perusahaan yang tadinya berbasis offline harus segera membenahi diri menjadi pemasaran secara online serta situasi yang tidak menentu memaksa pemasar untuk menjual produk yang sesuai dengan situasi saat ini.

Mahasiswa peserta praktikan yang nantinya akan melakukan kegiatan praktikum ini diharapkan mampu membaca perilaku konsumen yang terjadi selama pandemi ini. Beberapa perilaku konsumen juga banyak yang berubah sejak ada pandemi ini salah satunya adalah media untuk mencari informasi yaitu generasi boomer akan menggunakan media broadcast TV untuk mencari informasi,Gen X akan mencari informasi dengan media TV dan online streaming serta Gen Z dan Millenial akan lebih menyukai mencari informasi dari sisi video online. Kegiatan webinar ini cukup menarik dan banyak diskusi yang dilakukan oleh peserta praktikum. Harapannya mahasiswa mampu memehami perubahan-perubahan yang ada saat ini terutama ke arah perilaku konsumen dan perusahaan di era pandemi. (*/npl).

Shared: