Dorong Mahasiswa Lulus Tepat Waktu: Prodi Manajemen FEB UMM Mengadakan Workshop Tugas Akhir dan Analisis Data

Kamis, 07 September 2023 23:30 WIB

Jumat, 8 September 2023 - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali memberikan dukungan kuat untuk mendorong mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) agar dapat menyelesaikan studi mereka tepat waktu. Acara Workshop Tugas Akhir semester ganjil 2023/2024, dengan tema "Raih Prestasimu Melalui Kelulusan Tepat Waktu," menjadi bukti nyata komitmen UMM dalam membantu mahasiswa mencapai kesuksesan akademis.

Sebanyak 580 mahasiswa Manajemen angkatan 2020 yang tengah menggarap skripsi, dengan berbagai konsentrasi seperti Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Operasional, turut serta dalam workshop yang berlangsung di Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV, lantai 9. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri oleh para mahasiswa, tetapi juga didukung oleh kehadiran para dosen prodi Manajemen yang turut memeriahkan acara ini.

Workshop ini diawali dengan sambutan dari Kaprodi Manajemen, Dr. Nurul Asfiah, M.M, serta Sekprodi Manajemen, Dr. R. Iqbal Robbie, S.E., M.M. Dalam sambutannya, Nurul Asfiah menjelaskan bahwa acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan rutin prodi Manajemen yang bertujuan untuk membimbing mahasiswa agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Bapak Dr. R. Iqbal Robbie menambahkan bahwa dalam waktu dekat, akan dilakukan pembagian SK bimbingan kepada seluruh mahasiswa yang telah memulai skripsi mereka.

Selanjutnya, workshop menyuguhkan pemaparan program Fast Track Magister Manajemen Pasca Sarjana oleh Ibu Dr. Aniek Rumijati, M.M. Program ini memberikan informasi tentang persyaratan, manfaat, alur pendaftaran, sistem pembiayaan, serta skema perkuliahan kepada mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Dalam materi selanjutnya, Dr. Rahmad Wijaya, M.M., membahas strategi untuk mempercepat penyelesaian tugas akhir. Ia memberikan panduan mengenai roadmap, afirmasi positif, persiapan, dan perencanaan dalam menyelesaikan skripsi, yang diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam proses pengerjaan tugas akhir. Selain itu, materi motivasi untuk menyelesaikan tugas akhir berbasis output (UMM Pasti) juga disampaikan untuk mendukung mahasiswa dari segi psikologi, agar tetap termotivasi dan tidak merasa tertekan.

Bapak Yudi Suharsono, S.Psi., M.Si, Kabiro Kemahasiswaan UMM, turut memberikan motivasi serta berbagi tips dan trik dalam menyelesaikan skripsi sesuai target yang telah ditentukan oleh mahasiswa.

Materi terakhir sebelum penutupan acara adalah tentang publikasi jurnal dan sitasi, yang dijelaskan secara singkat oleh Khusnul Rofida Novianti, S.Pd., M.M.

Acara ini ditutup dengan harapan besar dari Kaprodi Manajemen, Dr. Nurul Asfiah, M.M. Ia berharap bahwa setelah mengikuti workshop ini, mahasiswa akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan studi tepat waktu dengan mengimplementasikan tips dan materi yang telah disampaikan oleh para pemateri sebelumnya. Acara juga dilanjutkan dengan pemaparan oleh setiap dosen koordinator peminatan untuk memberikan pemahaman tentang konsep-konsep baru dan isu-isu menarik yang dapat diangkat sebagai tema penelitian.

Shared: