Mahasiswa CoE Hotel Berkesempatan Membuat Demand Forecasting Bersama Para Ahli Praktisi di Hotel Grand Mercure Malang Mirama

Minggu, 09 Juli 2023 13:41 WIB

Senin, 10 July 2023 - Mahasiswa program CoE Hotel memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan para profesional industri di hotel ternama, Grand Mercure Malang Mirama, untuk membuat strategi demand forecasting. Sebagai bagian dari kegiatan CoE Tourism and Hospitality yang sedang berlangsung, kelas CoE Hotel diadakan di Grand Mercure Malang Mirama, yang merupakan salah satu hotel multinasional terbesar dibawah merek Accor.

Kerja sama dengan Grand Mercure Malang Mirama merupakan kerjasama program CoE antara Program Manajemen dan rand Mercure Malang Mirama, karena memberikan pelatihan yang berharga bagi para mahasiswa CoE sebagai persiapan magang mereka pada bulan September mendatang. Selama sesi tersebut, para mahasiswa menerima pelajaran yang komprehensif tentang Manajemen Operasional Jasa dari Bapak Sugito Adhi, General Manager dari Grand Mercure Malang Mirama.

Para mahasiswa CoE Hotel tidak hanya menerima pengetahuan teoritis tentang industri perhotelan, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan keterampilan mereka. Mereka diberikan tugas untuk membuat demand forecasting untuk setiap departemen di dalam hotel. Dibagi ke dalam empat kelompok, masing-masing dimentori oleh manajer dari departemen yang berbeda seperti housekeeping, FnB, marketing communication, dan sales, para mahasiswa diberikan waktu 45 menit untuk mengembangkan strategi forecast sesuai dengan departemen masing-masing.

Demand forecasting mencakup enam jenis, termasuk peramalan permintaan pasif dan aktif, proyeksi jangka pendek dan jangka panjang, serta peramalan mikro eksternal dan peramalan bisnis internal. Setiap kelompok memiliki kebebasan untuk memilih jenis demand forecasting yang paling sesuai untuk kebutuhan departemen mereka.

Setelah sesi mentoring, setiap kelompok mendapat kesempatan untuk mempresentasikan strategi demand forecasting mereka secara langsung kepada Bapak Sugito Adhi, General Manager dari Grand Mercure Malang Mirama, serta para manajer dari masing-masing departemen. Salah satu kelompok mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan strategi peramalan jangka pendek di departemen penjualan. Strategi ini berfokus untuk menarik pelanggan selama hari libur dan acara besar di hotel dengan menawarkan promo menarik. Promosi-promosi tersebut mencakup tidak hanya diskon harga kamar, tetapi juga berbagai aktivitas seperti perjalanan ke Gunung Bromo, menu makanan baru, Malang City Tour, dan Kids Activity. Peramalan demand jangka pendek bertujuan untuk menarik lebih banyak keluarga yang ingin menikmati liburan mereka di Malang selama acara tersebut.

Dengan kerja sama antara para mahasiswa CoE Hotel dan para profesional industri, Grand Mercure Malang Mirama terus mendorong lingkungan belajar yang positif dan mempersiapkan para mahasiswa untuk karir yang sukses di industri perhotelan.

Oleh: Mahesa Athalla Aviananda

Shared: