Pengalaman dan Ilmu Berharga Untuk Mahasiswa CoE Perhotelan Prodi Manajemen UMM Dalam Membentuk Karir yang Profesional

Senin, 04 September 2023 03:07 WIB

Senin, 4 September 2023 - Mahasiswa Program Studi Manajemen dengan spesialisasi Hotel di Universitas Muhammadiyah Malang menghadiri kelas terakhir mereka di Grand Mercure Malang Mirama. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai Business Analysis, yang disampaikan oleh Rendy Eka, seorang ahli Business Analysis dari Grand Mercure Malang Mirama Hotel.

Selain materi perkuliahan, mahasiswa juga diberikan tugas berkelompok yang melibatkan analisis profit bisnis. Tugas ini akan mengharuskan mereka untuk melakukan presentasi di depan seorang investor. Tujuan dari tugas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan soft skill mahasiswa, seperti negosiasi, kemampuan berbicara di depan publik, berpikir strategis dan kritis, serta meningkatkan kemampuan analisis bisnis mereka.

Selain menjadi kelas terakhir, acara tersebut juga menandai penutupan dari serangkaian kegiatan program Center of Excellence Tourism and Hospitality Prodi Manajemen, khususnya dalam bidang Hotel. Program ini telah berlangsung selama 6 bulan dan memberikan mahasiswa ilmu pengetahuan dari dua hotel ternama di Kota Malang, yaitu Rayz Hotel UMM dan Grand Mercure Mirama Malang.

Rendy Eka, yang akrab disapa Rendy, mengungkapkan bahwa mahasiswa Program Studi Manajemen dengan spesialisasi Hotel ini sangat aktif dan memiliki pemikiran yang unik, serta berani dalam menyampaikan pendapat mereka. Tazkia Khoirunnisa, salah satu mahasiswa, juga mengungkapkan kegembiraannya terhadap program ini. Dia mengatakan bahwa program ini memberikan mereka kesempatan untuk belajar dari mentor yang berpengalaman dan juga untuk berpartisipasi dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Center of Excellence Tourism and Hospitality adalah salah satu program yang dibentuk oleh Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang untuk menciptakan sumber daya manusia unggul dan memberikan kesempatan berharga kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja setelah lulus kuliah. Selanjutnya, mahasiswa akan bersiap-siap untuk mengikuti program magang di perusahaan mitra Prodi Manajemen. Selama tiga bulan, mereka akan memperdalam pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh selama program ini.

Cemi, yang merupakan Koordinator Pembelajaran dan Pengembangan di Grand Mercure Malang Mirama, berharap bahwa pengetahuan yang telah diberikan kepada mahasiswa akan berguna bagi perkembangan karier dan pengembangan diri mereka. Ia juga mendorong mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang telah mereka peroleh dalam karier profesional mereka di masa depan.

Oleh: Mahesa Athalla Aviananda

Shared: