Center of Excellence (CoE) Tourism and Hospitality, Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu program terobosan baru yang dicanangkan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Malang sebagai bentuk persiapan di sektor tenaga kerja yang profesional dan berkualitas. Kelas Tourism and Hospitality ini telah di launching tepat tanggal 25 Juni 2022, dalam menyikapi semakin kondusifnya sektor pariwisata setelah pada dua tahun sebelumnya dilanda pandemi COVID 19, terutama di sektor bisnis hotel yang mengalami peningkatan di tahun 2022 sebesar 30 – 78 % dibandingkan pada tahun 2021 (sumber: UNWTO).
Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang bekerja sama dengan Rayz Hotel UMM, Grand Mercure Malang Mirama dan Novotel Surabaya sebagai mitra dalam mengimplementasikan program Center of Excellence bidang Tourism and Hospitality. Kali ini mahasiswa angkatan 2020 Prodi Manajemen berkesempatan menjalani pelatihan di Rayz Hotel UMM yang mencakup 10 departemen yaitu mulai dari sales marketing, front office, F&B service, accounting, e-commerce, marcom dan beberapa departemen lainnya. Selama pelatihan yang sudah berjalan kurang lebih tiga bulan ini mahasiswa telah dibekali materi dan latihan praktik sebagai persiapan magang.
Penyampaian materi diberikan langsung oleh para dosen praktisi yang sesuai dengan departemen yang ada di hotel tersebut. Salah satu materi yang diberikan yaitu dari departemen sales marketing dan dijelaskan langsung oleh General Manager Rayz Hotel UMM yaitu Yanuar Arifien. Di awali dengan pemberian materi mengenai admin sales yaitu meliputi Banquet Reservation (BR) yang merupakan basic standart dalam pembuatan BEO atau Banquet Even Order. BR ini dikerjakan setelah ada kesepakatan dengan tamu serta sudah dikonfirmasi antara pihak sales dan klien.
Materi diberikan selama dua bulan dan satu bulan sisanya mahasiswa melakukan latihan praktik di departemen yang sudah dibagi. Sistem latihan praktik ini dibagi menjadi 10 kelompok dari jumlah total 20 mahasiswa sesuai dengan departemen yang sudah ditentukan. Dalam pelatihan ini setiap kelompok melakukan praktik kerja secara bergantian setiap tiga hari sekali agar nantinya mahasiswa dapat memahami tugas dari masing - masing departemen. Menurut Bella yang merupakan salah satu karyawan di departemen admin sales berpendapat bahwa, “program ini sangat bagus bagi mahasiswa karena dapat menambah pengalaman di dunia kerja terutama dalam bidang perhotelan, selain itu pelatihan ini juga cukup membantu departemen admin sales dalam menyelesaikan berbagai tugasnya“.
Oleh: Mahesa Athalla Aviananda