Program Studi Manajemen UMM Sukses Menyelenggarakan Workshop CPL APSMA (Asosiasi Program Studi Manajemen) dan Benchmarking Internasional

Minggu, 14 Januari 2024 09:02 WIB

Malang, 14 Januari 2024 - Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah sukses menyelenggarakan Workshop Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) APSMA dan Kegiatan Benchmarking Internasional. Workshop dua hari ini, berlangsung pada tanggal 11-12 Januari 2024, di Hotel Rayz UMM, dan merupakan hasil kolaborasi dengan Asosiasi Program Studi Manajemen (APSMA) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA).

Kegiatan ini menjadi wadah yang sangat penting dalam upaya pengembangan kurikulum pembelajaran pada program studi manajemen, dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan. Workshop ini telah dihadiri oleh perwakilan dari 25 Program Studi Manajemen PTMA yang tersebar di seluruh Indonesia. Acara dibuka oleh Ibu Dr. Nurul Asfiyah, M.M., selaku ketua APSMA, dan Bapak Dr. Nur Subeki, S.T., M.M., selaku Wakil Rektor III UMM.

Hari pertama dimulai dengan pemateri utama, Prof. Dr. M. Syaifuddin, M.M., Kepala Lembaga Inovasi Pendidikan (LIP) Universitas Muhammadiyah Malang. Beliau memberikan pemaparan mengenai rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) APSMA yang berlandaskan pada Kurikulum Outcome-Based Education (OBE). Prof. Syaifuddin menekankan pentingnya implementasi OBE dalam mencapai capaian pembelajaran lulusan yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Perumusan CPL APSMA ini merujuk pada implikasi kebijakan Kemendikbud Ristek yang tercantum dalam nomor 53 tahun 2023, yang mengatur standar mutu pendidikan tinggi melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, penilaian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi.

Sesi berikutnya pada hari pertama disampaikan oleh Bapak Drs. Sri Gunawan, DBA., Ketua Forum Manajemen Indonesia (FMI), yang membahas integrasi kurikulum OBE dengan CPL APSMA. Pak Gunawan menjelaskan bagaimana desain kurikulum berdasarkan OBE dapat mendukung pencapaian CPL yang sesuai dengan standar APSMA. Selain itu, beliau juga mendiskusikan tantangan yang mungkin dihadapi oleh program studi manajemen di masa depan, seiring dengan perkembangan teknologi dan inovasi pembelajaran yang terus berkembang.

Hari kedua menampilkan workshop internasional dengan tema "Transformasi Konsumen dalam Era Global: Tantangan dan Peluang". Workshop ini melibatkan panel diskusi yang diawali oleh Dr. Goh Hong Lip dari Universiti Tunku Abdul Rahman, yang membahas penelitian mengenai data kualitatif, pemasaran digital, dan pengembangan kecerdasan buatan (AI). Selanjutnya, Bapak Dr. Widayat, M.M., Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang, memaparkan tentang transformasi customer experience (CX). Dr. Goh menyoroti perubahan perilaku konsumen di tengah dinamika ekonomi global, serta manfaat teknologi khususnya AI dalam memahami perubahan tersebut. Sementara Bapak Widayat membahas pentingnya memahami transformasi customer experience sebagai salah satu kunci dalam memenangkan persaingan bisnis.

Sesi terakhir dalam workshop ini dipimpin oleh Dr. Naelati Tubastuvi, S.E., M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Ibu Naelati membahas tentang Diskusi Akreditasi LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Manajemen Bisnis Akuntansi) dan Tinjauan Kurikulum Berbasis OBE, topik yang sangat relevan dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di program studi manajemen.

Workshop ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang mendalam tentang pembelajaran manajemen berbasis OBE, sekaligus mendorong kerjasama penelitian internasional. Melalui kolaborasi semacam ini, program studi manajemen di berbagai perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas lulusannya, serta menghadapi tantangan di era global yang terus berubah dengan cepat.

Shared: